MODUL
TUJUAN ORGANISASI
DAN IDENTIFIKASI KEBUTUHAN KONSUMEN
Deskripsi Mata Kuliah
Mata Ajar / SKS : Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan
Institusi Dasar
Kode Mata Kuliah : Gz.407
Beban Studi (SKS) : 2 SKS ( SKS Teori, 1 SKS Praktek)
Program/ Angkatan : D III GIZI
Semester/ Tahun ajaran : IV / 2010-2011
Nama Dosen : Iswanelly Mourbas, SKM, M.Kes
Pokok Bahasan : Tujuan Organisasi dan Identifikasi Kebutuhan Konsumen
Sub Pokok bahasan :
1. Pengertian MSPMI
2. Hubungan antar subsistem dalam system PM
3. Pendekatan Sistem
4. Sejarah dan klasifikasi industry makanan
5. Empat jenis system produksi makanan dalam PM
Standar Kompetensi : Melakukan pengembangan organisasi
Kompetensi Dasar :
1. Mahasiswa mampu memahami tujuan organisasi dan identifikasi kebutuhan konsumen
Indikator :
1. Mampu menjelaskan pengertian MSPM
2. Mampu menjelaskan hubungan antar subsistem dala sistem PM
3. Mampu menggambarkan pendekatan sistem dalam MSPM
4. Mampu menjelaskan sejarah dan klasisfikasi industri makanan
5. Mampu menjelaskan empat jenis sistem produksi maknan.
Metode : Ceramah, tanya jawab dan diskusi
Media : Komputer, LCD Proyector
Kegiatan Pembelajaran termasuk evaluasi:
Waktu | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa |
1. Pendahuluan (10 menit) | - Memberi salam - Menjelaskan judul, pokok bahasan, tujuan, dan manfaat pembelajaran | · Menjawab salam · Mendengarkan |
2. Kegiatan Inti: Kuliah dan diskusi (100 menit) | 1. Menjelaskan materi menjelaskan pengertian MSPM 2. Memberikan kesempatan peserta didik bertanya dan responsive 3. Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan 4. Menjelaskan dan menggambarkan materi tentang menggambarkan pendekatan sistem dalam MSPM 5. Memberikan kesempatan peserta didik bertanya dan responsive 6. Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan 7. Menjelaskan materi sejarah dan klasisfikasi industri makanan 8. Memberikan kesempatan peserta didik bertanya dan responsive 9. Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan 10. Menjelaskan empat jenis sistem produksi maknan. 11. Memberikan kesempatan peserta didik bertanya dan responsive 12. Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan | · Mendengarkan dan mencatat · Bertanya dengan kritis · Mendengarkan dan mencatat · Mendengarkan dan mencatat · Bertanya dengan kritis · Mendengarkan dan mencatat · Bertanya dengan kritis - Mendengarkan dan mencatat - Bertanya dengan kritis - Mendengarkan dan mencatat |
3. Penutup (10 menit) | - Melakukan evaluasi secara tertulis (kuis) - memberikan jawaban kuis - Merangkum hasil pembelajaran - Memberi salam | - Menjawab pertanyaan pada selembar kertas - Mengoreksi lembar jawaban teman - Mendengarkan - Menjawab salam |
KEGIATAN BELAJAR 1
TUJUAN ORGANISASI DAN IDENTIFIKASI KEBUTUHAN KONSUMEN
A. Mampu menjelaskan pengertian MSPM
B. Mampu menjelaskan hubungan antar subsistem dala sistem PM
C. Mampu menggambarkan pendekatan sistem dalam MSPM
D. Mampu menjelaskan sejarah dan klasisfikasi industri makanan
E. Mampu menjelaskan empat jenis sistem produksi maknan.
TUGAS
1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar