Panduan tentang Menu

FUNGSI MANAJEMEN


MODUL
FUNGSI MANAJEMEN DALAM SISTEM PENYELENGGARAAN MAKANAN

Deskripsi Mata Kuliah

Mata Ajar / SKS                     : Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan  
                                                  Institusi Dasar
Kode Mata Kuliah                 : Gz.407
Beban Studi (SKS)                : 2 SKS ( SKS Teori, 1 SKS Praktek)
Program/ Angkatan                 : D III GIZI
Semester/ Tahun ajaran           : IV / 2010-2011
Nama Dosen                           : Iswanelly Mourbas, SKM, M.Kes
Pokok Bahasan                       : Fungsi Manajemen Dalam Sistem
                                                  Penyelenggaraan Makanan
Sub Pokok bahasan                 :
1.      Pengertian manajemen
2.      Perencanaan dalam system penyelenggaraan makanan
3.      Pengorganisasian dalam  sisten penyelenggaraan makanan
4.      Pelaksanaan dalam system penyelenggaraan makanan
5.      Pengawasan dalam system penyelenggaraan makanan
6.      Manajemen Profesional dalam penyelenggaraan makanan

Standar Kompetensi                 : Melakukan kenirja dalam pelayanan gizi
Kompetensi Dasar                    :
1.      Mahasiswa mampu memahami fungsi manajemen dalam penyelenggaraan makanan
2.      Mahasiswa mampu memahami manajemen professional dalam penyelenggaraan makanan

Indikator                                 :  
1.      Mampu menjelaskan pengertian manajemen
2.      Mampu menjelaskan fungsi perencanaan dalam PM
3.      Mampu menjelaskan fungsi pengorganisasian dalam PM
4.      Mampu menjelaskan fungsi pelaksanaan dalam PM
5.      Mampu menjelaskan fungsi pengawasan dalam PM
6.      Mampu menjelaskan manajemen profesional dalam SPM

Metode                                    : Ceramah, tanya jawab dan diskusi
Media                                      : Komputer, LCD Proyector

Kegiatan Pembelajaran termasuk evaluasi:

Waktu
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
1. Pendahuluan (10 menit)
- Memberi salam
- Menjelaskan judul, pokok bahasan, tujuan, dan manfaat pembelajaran

Menjawab salam
Mendengarkan

2. Kegiatan Inti: Kuliah dan diskusi (100 menit)
1.      Menjelaskan materi menjelaskan pengertian manajemen
2.      Memberikan kesempatan peserta didik bertanya dan responsive
3.      Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan
4.      Menjelaskan materi tentang fungsi perencanaan dalam SPM
5.      Memberikan kesempatan peserta didik bertanya dan responsive
6.      Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan
7.      Menjelaskan materi tentang fungsi pengorganisasian dalam sistem penyelngaraan makanan
8.      Memberikan kesempatan peserta didik bertanya dan responsive
9.      Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan
10.  Menjelaskan fungsi pelaksanaan dalam penyelenggaraan makanan
11.  Memberikan kesempatan peserta didik bertanya dan responsive
12.  Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan
13.  Menjelaskan fungsi pengawasan dalam penyelenggaraan makanan
14.  Memberikan kesempatan peserta didik bertanya dan responsive
15.  Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan
16.  Menjelaskan majemen profesional dalam penyelenggaraan makanan
17.  Memberikan kesempatan peserta didik bertanya dan responsive
18.  Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan

Mendengarkan dan mencatat
Bertanya dengan kritis
Mendengarkan dan mencatat
Mendengarkan dan mencatat
Bertanya dengan kritis
Mendengarkan dan mencatat
Bertanya dengan kritis

Mendengarkan dan mencatat

Bertanya dengan kritis

Mendengarkan dan mencatat
Mendengarkan dan mencatat
Bertanya dengan kritis
Mendengarkan dan mencatat
Mendengarkan dan mencatat
Bertanya dengan kritis

Mendengarkan dan mencatat
Mendengarkan dan mencatat
Bertanya dengan kritis

Mendengarkan dan mencatat
3. Penutup (10 menit)
- Melakukan evaluasi secara tertulis (kuis)
- memberikan jawaban kuis

- Merangkum hasil pembelajaran
- Memberi salam
Menjawab pertanyaan pada selembar kertas
Mengoreksi lembar jawaban teman
Mendengarkan
Menjawab salam




                                           
KEGIATAN BELAJAR
FUNGSI MANAJEMEN DALAM SISTEM PENYELENGGARAAN MAKANAN


A.    Mampu menjelaskan pengertian MSPM
B.     Perencanaan :
Termasuk didalamnya identifikasi aktifitas yang dapat mempromosikan tujuan dan misi organisasi
1.      Sebuah rencana yang baik harus dibuat berdasarkan:
a. Sumber informasi yang tersedia
b.Falsafah dan tujuan dari perusahaan
c. Kondisi-kondisi dan peraturan-peraturan yang ada
2.      Informasi yang dimiliki untuk perencanaan harus berhubungan dengan:
a.   Lingkungan : Ekonomi, politik, social yang akan berpengaruh thd  
  perusahaan
b.Persaingan : data tentang industri dan sasaran-sasaran yang telah
  dicapai oleh anggota perusahaan industri tersebut.
c.   Perusahaan yang bersangkutan: Identifikasi kekuatan, kelemahan,
  sifat-sifat, pencapaian tujuan dan ambisi-ambisi.
3.      Asumsi yang digunakan dalam perencanaan:
    1. Pengawasan pemerintah yaitu berkaitan dengan peraturan2 pemerintah
    2. Kebijakan fizkal pemerintah berupa pajak2 dan pemerataan pendapatan
    3. Lingkungan bisnis yang umum, berkaitan dengan tenaga kerja, pendapatan Nasional dan produktifitas
    4. Tingkat harga pada masa yang akan dating, dan kemungkinan perubahannya
    5. Sikap dan tingkah laku masyarakat meliputi pandangan masyarakat konsumen, produsen, kelompok ataun individu2 terhadap uhasa yang ada
4.      Strategi perencanaan
a.       Melakukan analisa situasi, meliputi:
1)      Lokasi institusi
2)      Sifap pengelolaan institusi
3)      Jenis dan jumlah konsumen
4)      Sumber daya yang tersedia
5)      Informasi situasi lingkungan
6)      Faktor kompetitif di sekitar lokasi usaha
7)      Faktor pendukung dan penghambat.
b.      Disain produk, harga (Cost) dan keuntungan
1)      Perencanaan jenis dan jumlah konsumen
2)      Perencanaan pengelolaan dan pelayanan
3)      perencanaan pemasaran (teknik penjualan)
4)      Pengawasan dan penegndalian harga

B.     Pengorganisasian
Pengorganisasian: meliputi kegiatan-kegiatan:
1.      Mengatur dan mengorganisir berbagai aktifitas
2.      Menentukan garis kewenangan dan komunikasi
3.      Membuat struktur organisasi

C.    Pelaksanaan
1.      Merupakan pengerahan semua daya dan upaya untuk mencapai tujuan organisasi
2.      Menterjemahkan rencana kedalam pelaksanaan kegiatan
3.      Memperhatikan prosedur, supervise, teknik komunikasi, kepemimpinan, pemberian motivasi dan menciptakan  hubungan antar manusia yang baik
D.    Pengawasan
Memantau agar semua kegiatan berjalan sesuai dengan rencana
E.     Manajemen Profesional
1.      Kemampuan/ keterampilan teknikal, yaitu:
a.       Mampu menggunakan metode yang wajar, dengan proses dan prosedur spesifik
b.      Membutuhkan pengetahuan khusus tentang penggunaan akat2 dengan teknik2 tertentu
c.       Teknik yang dibutuhkan bersifat nyata terutama untuk bekerja dengan barang atau benda
d.      Dalam system penyelenggaraan makanan manager perlu menguasai ilmu pangan, sanitasi, mikrobiologi, cara-cara mengoperasikan alat2 dan menguasai manajemen energi
2.      Kemapuan / keterampilan dalam hubungan antar manusia yang ditunjukkan melalui:
a.       Kemampuan untuk bekerjasama secara harmonis dengan semua pihak
b.      kemampuan menyampaikan ide kepada orang lain
c.       Mengakui keberadaan individu dan peka terhadap perasaan orang lain
3.      Kemampuan / keterampian konseptual, yang merupakan kemampuan tertinggi yang harus dimiliki berupa:
a.       Penguasaan konsep organisasi secara keseluruhan
b.      Menghubungan aktifitas bisnis dengan industri secara total
c.       Menghubungkan kecenderungan ekonomi, social, teknologi, politik Negara dengan perusahaan/organisasi
d.      Kemampuan menggambarkan, menciptakan dan  mengkoordinasikan serta beraksi terhadap perubahan




TUGAS
1……
2……
3……

SENARAI